Periode Piutang, Periode Persediaan, Periode Utang terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Dita Roosemella Paramadina Universitas Brawijaya
  • Ubud Salim
  • Achmad Helmy Djawahir

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2016.019.01.6

Keywords:

periode piutang, periode persediaan, periode utang, profitabilitas, nilai perusahaan.

Abstract

Perusahaan  sektor industri barang konsumsi di Indonesia cenderung meningkatkan penggunaan modal kerjanya pada tahun 2009-2013. Umumnya, adanya peningkatan profitabilitas karena adanya efisiensi manajemen modal kerja, maka peningkatan profitabilitas tersebut juga meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung periode piutang, periode persediaan, periode utang terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Selain itu, pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas juga diteliti. Sebanyak 23 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan dalam penelitian sebagai populasi dan sampel. Analisis jalur digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian membuktikan bahwa peningkatan periode piutang dan periode utang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penurunan periode piutang dan periode persediaan serta peningkatan periode utang akan meningkatkan nilai perusahaan. Profitabilitas tidak memediasi pengaruh periode piutang, periode persediaan, periode utang terhadap nilai perusahaan. Disimpulkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan penggunaan jumlah modal kerjanya selama peningkatan modal kerjanya tidak melebihi pertumbuhan penjualannya dan likuiditas menjadi penilaian utama bagi investor.

Downloads

Published

2016-05-24

Issue

Section

Articles