Srategi The Boston Consulting Group Untuk Memastikan Kesinambungan Produk PT Gudang Garam Tbk Kediri
Abstract
Lingkungan bisnis saat ini meningkat secara kompetitif, setiap perusahaan dituntut untuk memiliki kekuatan untuk bersaing di perdagangan global. PT Gudang Garam sebagai pasar dalam industri tembakau, untuk mempertahankan kondisi ini harus pandai dalam menentukan kebijakan manajemen . Alternatifnya adalah dengan menggunakan Strategi Analisis The Boston Consulting Group, sebuah analisis untuk mengukur pertumbuhan dan  pasar untuk produk SBU. Dengan analisis ini akan diketahui strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai keunggulan biaya serta bagaimana menentukan investasi yang tepat. Hal ini dapat dilihat dari analisis posisi kekuatan dan daya tarik perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini fokus untuk mempelajari (a) Produksi (b) penjualan (c) daya tarik industri (d) posisi kompetitif (e) atribut produk perusahaan (f)pajak/cukai. Penelitian ini dilakukan di perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk . Kediri alamat dengan : Jl . Semampir II / I Semampir Kediri - Indonesia Tel : 0354-682091-7 , fax: 0354-681555. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Gudang Garam adalah pimpinan pasar di posisi pangsa pasar tinggi BCG, GE - Mc. Kinsey, menang / kuat pada SKM dan SKT, SKL pada Mean Business, posisi PLC yang menurun untuk SKM, SKT dan SKL sekarang ini. Dengan kondisi seperti ini, penulis memberikan saran untuk perlunya perusahaan melakukan kegiatan yang spesifik, meliputi: (1) memastikan kesetimbangan portofolio melalui peluncuran produk baru yang menarik dan diharapkan mempunyai prospek bagus dalam jangka panjang, mengingat pada umumnya mengalami pengurangan produksi, dan peningkatan pajak, (2) berdasar portofolio produk PT Gudang Garam Tbk sebagian besar mempunyai posisi yang kuat, hal ini menunjukkan keberhasilan iklan produk dalam pandangan konsumen. Meskipun demikian PT Gudang Garam Tbk harus melakukan riset pasar untuk menentukan perubahan yang terjadi di pasar, (3) memaksimalkan pangsa pasar secara keseluruhan produk dengan mencari pelanggan dan daerah pemasaran baru. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya produk/industri baru, (4) perlu untuk dilakukan perluasan pemasaran keluar (eksport) dalam mensikapi penurunan konsumen dan peningkatan cukai. Dengan cara ini diharapkan perusahaan dapat memperahankan dan melindungi tingkat penjualan, pangsa pasar, kesetimbangan keuntungan. Selain itu manajemen jangka panjang juga perlu dikembangkan, sehingga perusahaan tetap stabil dalam industri rokok nasional.
Kata kunci: BCG, GE-Mc. Kinsey, keberkelanjutan, produk, PLC, SKT, SKM, SKL
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).