ANALISIS VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP SPREAD HARGA SAHAM PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

Authors

  • SRI UTAMI ADY Mahasiswa Program Magister Manajemen, PPSUB
  • Ubud - Salim Dosen Jurusan Manajemen FEUB
  • Harry - Susanto Dosen Jurusan Studi Pembangunan, FEUB

Abstract

ABSTRAK

Spread adalah selisih harga jual dan harga beli saham di pasar modal. Harga jual dan harga beli ditentukan oleh Broker. Besar kecilnya spread dipengaruhi oleh dua faktor yaitu ketidakseimbangan informasi dan persaingan di antara pelaku pasar. Semakin tinggi ketidakseimbangan informasi diantara pelaku pasar maka semakin besar spread. Dan semakin kuat persaingan di pasar modal maka harga jual semakin rendah dan harga beli semakin tinggi sehingga spread mengecil. Pengumuman dividen diharapkan dapat memberikan informasi ke pasar modal dan mengurangi informasi asimetri sehingga spread mengecil. Sebagai proxy dari informasi digunakan variabel kapitalisasi pasar dan lama terdaftar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh dari variabel-variabel dividend yield, volume perdagangan, varian return, harga saham, kapitalisasi pasar dan lama terdaftar terhadap spread baik secara simultan ataupun parsial. (2) Manakah diantara variabel-variabel tersebut yang paling berpengaruh terhadap spread

Penelitian dilakukan pada 25 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive, yaitu pada perusahaan manufaktur yang membayarkan cash dividend dan aktif diperdagangkan pada tahun 1999. Penelitian menggunakan data harian saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada periode Januari sampai dengan Desember 1999, metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Variabel dividend yield dan volume perdagangan mempunyai pengaruh negatif signifikan, varian return berpengaruh positif signifikan. (2) Harga saham berpengaruh negatif tidak signifikan dan lama terdaftar berpengaruh positif signifikan. (3) Terdapat multikolinier antara volume perdagangan dan kapitalisasi pasar sehingga kapitalisasi pasar dikeluarkan dari model. (4) Varian return adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap spread. Kemungkinan hasil ini disebabkan data diambil tahun 1999 dimana pertumbuhan perekonomian masih belum stabil, tidak stabilnya kebijakan dividen perusahaan,dan perbedaan motif investor dalam berinvestasi.

Kata kunci: spread harga saham.

ABSTRACT

Spread was differenced between ask-price and bid-price at the capital market. Ask and bid price made by broker. Spread influenced by two factor : assymetry information and competition between the market maker. The higher assymetry information and the strongger competition at the capital market, a lower ask price and a higher bid price, made a lower spread. Dividend anouncement conveys information to the capital market, thereby reducing assymetry information and made a lower spread. As information proxy, we expect market capitalization (firm size) and length of listing.

The aim of this research were : (1) to discover the simultaneus and partial relationship between variables, dividend yield, trading volume, return variance, stock price, market capitalization, length of listing and spread. (2) Whose of those variables would give a bigger influenced with spread.

Sampel obtained amount to 25 kinds of manufacturer shares traded at the Jakarta Stock Exchange, with purposive tecknical sampling, that was on cash dividend paying and traded on 1999 manufacturer firm. This research used daily stock price at Jakarta Stock Exchange periode of January – Desember 1999. The analysis tools used multiple regression analysis.

The result of this research showed that : (1) There was a significanly negative relationship between dividend yield and return variance with spread, a significanly positive relationship between return variance and spread. (2) Stock price was a non significanly negative relationship. (3) There was mulcollinier between trading volume and market capitalization so market capitalization out from the model. (4) Return variance was a bigger influenced with spread. The result was because using 1999th data which economic growth was not stable yet, unstabilyty dividend polecy on the firm and investors behavior differences.

Keywords: spread, stock price

Downloads

Issue

Section

Articles