E-learning sebagai Penerapan E-Government di Dunia Pendidikan (Studi pada Universitas Brawijaya)
Keywords:
e-learning, distance learning, PJJ of University of Brawijaya, Ministry of EducationAbstract
Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di segala bidang telah merubah kehidupan masyarakat dalam melakukan segala hal baik dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauhmana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dilakukan di dunia pendidikan khususnya pemanfaatan e-learning di dalam memberikan akses pembelajaran yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan bagi masyarakat untuk meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas. Penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan fokus permasalahan tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan layanan belajar mengajar dengan sistem e-learning di Universitas Brawijaya serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dan analisis medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan layanan belajar mengajar dengan sistem e-learning di UB dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui teleconference dapat berjalan dengan lancar. Adanya peraturan dan kebijakan pemerintah merupakan salah satu faktor pendukung disamping tersedianya sarana dan prasarana, ketersediaan sumber daya manusia dan anggaran yang ada. Adapun di dalam menekan faktor penghambat diantaranya adalah dengan merumuskan, merancang, dan menetapkan aturan di tingkat universitas terkait aturan dan kebijakan pemerintah yang baru. Selain itu peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan PJJ dan perlunya dibangun sistem dan informasi terkait program PJJ UB yang dapat diakses oleh mahasiswa atau peserta didik.Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).