Adopsi dan Internalisasi Budaya Guan Xi dan Xin Yang Dalam Praktek Akuntansi Manajemen Usaha Kecil Menengah Pegusaha Etnis Tionghoa Internalization Culture and Adoption of Guan Xi and Xin Yang on Management Accounting Practices in Small and Medium Enterprises Owned By Chinese

Wasis Rizki Widyanto, Ali Djamhuri, Yeney Widya Prihatiningtias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana implementasi akuntansi nilai-nilai budaya pada industri kecil menengah Etnis Tionghoa dengan kasus pada toko hobi yang ada di kota Malang.  Peneliti ingin mengetahui apakah  Etnis Tionghoa di Indonesia masih menggunakan warisan budaya leluhurnya dalam proses pencatatan akuntansi atau sudah cenderung mengalami pergeseran profesionalisme yang hanya mementingkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif oleh Miles dan Hubermann (1984), dengan lokus atau tempat penelitian sebanyak 4 (empat) toko hobi yang ada di Kota Malang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pergeseran nilai budaya dikarenakan Etnis Tionghoa yang ada di Indonesia khususnya daerah Kota Malang, pemilik objek penelitian tersebut merupakan generasi ke-3 sehingga tidak terlalu akrab dengan budaya leluhur mereka sendiri, yaitu Guan xi dan Xin yang.  Perubahan makna tersebut yang semula berarti kekeluargaan yang masih memiliki hubungan darah sekarang menjadi kolega-kolega terdekat.  Hal unik  ini yang ingin ditunjukkan oleh peneliti dari Etnis Tionghoa dalam berdagang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.