Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang)

Fenti Rakhmawati Electiana, Ratih Nurpratiwi, Bambang Santoso Haryono

Abstract


Penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal dalam pendidikan formal, salah satunya adalah melalui pembukaan bidang keahlian pada jalur sekolah menengah kejuruan (SMK). Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) berbasis keunggulan lokal merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi daerah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas SMK berbasis keunggulan dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan SMK berbasis keunggulan lokal. Selain itu, juga untuk merumuskan strategi dalam pengembangan SMK berbasis keunggulan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran dengan prioritasnya adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, dilihat dari konsep Balanced Scorecard, keberadaan kompetensi keahlian agribisnis dan agroteknologi di SMKN 1 Pujon belum sepenuhnya efektif. Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi pengembangan SMK berbasis keunggulan lokal, baik dari sisi internal maupun eksternal. Untuk itu, strategi yang dapat dikembangkan, yaitu memfasilitasi pembentukan unit produksi di setiap sekolah, membangun jaringan informasi sekolah yang bisa diakses oleh masyarakat dan penambahan kompetensi keahlian baru yang sesuai dengan potensi wilayah, nilai-nilai budaya dan kebijakan pembangunan di sektor tersebut.


Keywords


SMK Berbasis Keunggulan Lokal, Efektivitas Sekolah, Balanced Scorecard

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.