Penentuan Segmen Pasar Produk Private Label Makanan Siap Saji (Studi Pada Circle K Surabaya)

Agusmuda Dharmadjie, Pratikto Pratikto, M Hindun Pulungan

Abstract


Segmentasi pasar memberikan peluang bagi peritel guna menyesuaikan produknya dengan permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen pasar produk private label makanan siap saji di Circle K. Penelitian menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumen dari variabel demografis, geografis, dan perilaku, analisis cluster K-Mean untuk menentukan segmen pasar dari variabel psikografis, analisis SWOT untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) segmen pasar yang terbentuk adalah mayoritas konsumen perempuan, berusia 15 – 25 tahun, berpendidikan terakhir SMU, belum menikah, bekerja sebagai karyawan, tinggal di Surabaya, mengetahui makanan siap saji lewat teman, tujuan membeli mencoba-coba, membeli untuk makan, membeli sekali seminggu, kebiasaaan membeli mencoba yang baru, membeli ditemani teman, bersedia merekomendasikan, berminat membeli setelah mengetahuinya, tidak mudah bosan dengan makanan siap saji, menanggapi positif makanan siap saji sebagai makanan yang sehat dan bergizi, mempunyai kualitas dan nilai gizi yang baik, tidak membuat gemuk, dapat dikonsumsi oleh semua konsumen di segala usia, terjamin kebersihannya, dan mempunyai porsi yang cukup untuk sekali makan. 2) Kemungkinan alternatif strategis adalah menjaga kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan, inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau, menambah gerai, meningkatkan promosi, mempertahankan ciri khas produk, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.

Keywords


makanan siap saji; private label; segmen pasar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.wacana.2017.018.03.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.