Penentuan Segmen Pasar Produk Private Label Makanan Siap Saji (Studi Pada Circle K Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2017.018.03.6Keywords:
makanan siap saji, private label, segmen pasarAbstract
Segmentasi pasar memberikan peluang bagi peritel guna menyesuaikan produknya dengan permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen pasar produk private label makanan siap saji di Circle K. Penelitian menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumen dari variabel demografis, geografis, dan perilaku, analisis cluster K-Mean untuk menentukan segmen pasar dari variabel psikografis, analisis SWOT untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) segmen pasar yang terbentuk adalah mayoritas konsumen perempuan, berusia 15 – 25 tahun, berpendidikan terakhir SMU, belum menikah, bekerja sebagai karyawan, tinggal di Surabaya, mengetahui makanan siap saji lewat teman, tujuan membeli mencoba-coba, membeli untuk makan, membeli sekali seminggu, kebiasaaan membeli mencoba yang baru, membeli ditemani teman, bersedia merekomendasikan, berminat membeli setelah mengetahuinya, tidak mudah bosan dengan makanan siap saji, menanggapi positif makanan siap saji sebagai makanan yang sehat dan bergizi, mempunyai kualitas dan nilai gizi yang baik, tidak membuat gemuk, dapat dikonsumsi oleh semua konsumen di segala usia, terjamin kebersihannya, dan mempunyai porsi yang cukup untuk sekali makan. 2) Kemungkinan alternatif strategis adalah menjaga kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan, inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau, menambah gerai, meningkatkan promosi, mempertahankan ciri khas produk, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).