Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Pendidikan di Kota Malang (Studi Kasus SMA 8 Malang)

Authors

  • Erna Tigayanti Jurusan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya,
  • M. Saleh Soeaidy Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya,
  • Ratih Nurpratiwi Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya,

Abstract

Kebijakan Pengarusutamaan Gender atau disingkat  PUG merupakan strategi yang dilakukan pemerintah secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendiskripsikan apakah kebijakan PUG bidang pendidikan sudah diimplementasikan sehingga bisa mengintegrasikan kepentingan laki-laki dan perempuan. 2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan PUG di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi observasi, dan wawancara. Sedangkan sumber data berasal dari data primer dan skunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara kelembagaan pelaksanaan PUG di Dinas Kota Malang maupun SMA 8 Malang baru menjadi kepedulian di tingkat individu atau beberapa unit kerja. Lemahnya mekanisme penyelenggaraan PUG dari tingkat pusat sampai daerah menyebabkan pelaksanaan PUG bidang pendidkan di SMA 8 tidak pernah maksimal hanya sebatas pengetahuan dan kesadaran secara individu.

Kata kunci: implementasi, kebijakan, Pengarusutamaan gender, pembangunan  pendidikan

Downloads

Issue

Section

Articles