PENGARUH KEMAMPUAN BERSAING TERHADAP PERFORMANSI INDUSTRI KECIL PADA SENTRA INDUSTRI MEBEL KAYU DI KOTA MALANG

Authors

  • Maria - Siswidayati Mahasiswa Program Magister Manajemen, PPSUB
  • Sunaryo - - Dosen Jurusan Manajemen, FE UB
  • Thantawi AS - - Dosen Jurusan Manajemen, FE UB

Abstract

ABSTRACT

 

Research purpose is to analyze direct effects and indirect effects of competitive capability on the performance of small industries using balanced score-card methode.

Data collecting was conducted by using methods of key-persons interview and questionaire and data reliability and validity are tested.  Research sample are 100 respondents were selected among the industry owner and its labor using purposive sampling technique. This research involved quantitative approach, and data analysis used descriptive method and path-analysis method.  Independent variable of competitive capability is consist of  delivery, value,  flexibility, and innovation; dependent variable is industrial performance , and intermediary variables are  perspectives of balanced score-card.

Results show that  (1) significant relationships among the competitive capabilities and variables of balanced score-card, (2) no significat direct relationship among the factors of competitive capability and performance of small industry, (3) significant direct effdects of balanced-scorecard factors on the industrial performance, (4) significant indirect effects of competitive capability on the industrial performance through the perspective factors of balanced scorecard.

It is concluded that variable of value is the dominant variable in the path of indirect effect on the industrial performance through the balanced scorecard variables. Variables of balanced scorecard as the intermediary variable in obtaining any better performances.

Keywords: Small industry, Performance, competitive capability

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari faktor-faktor kemampuan bersaing  melalui Balanced Scorecard terhadap performansi industri.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara  dan kuesioner yang kemudian diuji melalui uji reliabilitas dan validitas.  Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang diambil dari pemilik industri dan pekerja dengan menggunakan teknik purposive sampling.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis diskriptif dan analisis jalur (Path Analysis).  Analisis diskriptif untuk mendiskripsikan data yang diperoleh dari kuesioner sedangkan analisis jalur untuk mengetahui signifikansi dan pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas merupakan faktor-faktor kemampuan bersaing yang terdiri dari variabel Pengiriman, Nilai, Fleksibilitas, Inovasi, sedangkan variabel terikat adalah performansi industri secara keseluruhan dimana persepektif-perspektif Balanced Scorecard bertindak sebagai variabel antara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Ada pengaruh langsung antara faktor-faktor kemampuan bersaing dengan variabel Balanced Scorecard. (2). Tidak ada pengaruh langsung antara faktor-faktor kemampuan bersaing dengan performansi industri kecil mebel, hal ini ditandai dengan nilai signifikansi dari tiap jalur > 0.05, (3). Penelitian ini juga membuktikan bahwa ada pengaruh langsung yang signifikan antara variabel Balanced Scorecard terhadap performansi, dan (4). Variabel-variabel kemampuan bersaing memiliki pengaruh tidak langsung terhadap performansi melalui variabel perspektif Balanced Scorecard dengan nilai determinasi total sebesar 0.9207.

Dari hasil analisis jalur didapatkan bahwa variabel nilai merupakan variabel yang dominan pada jalur pengaruh tidak langsung  terhadap performansi industri melalui Variabel Balanced Scorecard . Dan Variabel Balanced Scorecard dapat bertindak sebagai variabel antara untuk mendapatkan performansi yang lebih baik.

 

Kata kunci:  Kemampuan Bersaing, Perspektif Balanced Scorecard, Performansi.

Downloads

Published

2012-05-08

Issue

Section

Articles